MIGRASI DAN KEBUDAYAAN

NAMA   : ABID KAMALUDDIN

UNIV     : GUNADARMA

DOSEN : AHMAD NASHER S.I.KOM, MM.

 

DEFINISI MIGRASI

kita mungkin sudah pernah atau sering mendengar kata migrasi. apa itu migrasi?, migrasi merupakan hal yang berkaitan dengan perpidahan penduduk. Migrasi adalah  perpindahan penduduk dari suatu daerah menuju ke daerah lain dengan tujuan menetap di daerah yang dituju tersebut. Karena migrasi ini tujuannya menetap, maka segala administrasi yang berhubungan dengan tempat tinggal lama juga harus diperbaharui, seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan lain sebagainya. Migrasi ini sifatnya ada yang menetap sementara, namun ada pula yang menetap hingga selamanya.

JENIS-JENIS MIGRASI

  1. MIGRASI ANTAR NEGARA
  1. IMIGRASI, masuknya penduduk dari satu negara ke negara lainnya. Sebagai contoh adalah banyaknya pendatang dari Tiongkok ke Indonesia. Orang yang melakukan imigrasi disebut sebagai imigran.
  2. EMIGRASI, keluarnya penduduk suatu negara menuju ke negara lain. Dengan demikian emigrasi ini merupakan kebalikan dari imigrasi.
  3. REMIGRASI, kembalinya penduduk dari negara lain  ke negara asalnya (negaranya sendiri). Hal ini juga banyak terjadi pada tenaga kerja Indonesia yang sudah habis masa kerjanya, kemudian kembali lagi ke Indonesia.

     2. MIGRASI DALAM NEGERI

  1. TRANSMIGRASI, perpindahan penduduk dari satu pulau maupun provinsi yang padat penduduknya ke pulau
  2. URBANISASI, perpindahan penduduk dari desa ke kota, dengan tujuan mencari perbaikan penduduk yang lebih tinggi
  1. RURALISASI, perpindahan penduduk dari kota ke desa untuk tujuan menetap. Biasanya, hal ini dilakukan oleh orang- orang kota yang ingin menghabiskan masa tua di pedesaan, atau ingin membesarkan anaknya di lingkungan pedesaan karena di perkotaan terlalu sibuk.
  2. EVAKUASI, perpindahan atau pengungsian penduduk dari tempat tinggalnya karena gangguan keamanan atau bencana.
  3. FORENSEN, aktivitas orang yang tinggal di desa atau luar kota, namun mempunyai mata pencaharian di kota dan setiap hari pulang pergi atau tidak menginap di kota tersebut.

 

 KEBUDAYAAN

Kebudayaan adalah cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

 

HUBUNGAN MIGRASI DAN KEBUDAYAAN

Migrasi menyebabkan saling sharing kebudayaan antara satu daerah dengan daerah lain yang bersangkutan baik sengaja maupun tidak sengaja dalam segi :

  1. Makanan, misalnya orang yang sedang bermigrasi membawa makanan khas daerahnya dan memperkenalkan makananan khasnya dengan cara membagi makanannya
  2. Bahasa, biasa terjadi ketika antar penghuni rumah berkomunikasi. Pararesponden memiliki rasa ingin tahu dan ingin belajar yang tinggi tentang bahasayang berasal dari daerah yang berbeda. Kadang kala, seorang responden memintaresponden yang lain untuk sedikit mengajarkan bahasa daerahnya masing-masing,
  3. Cara berkomunikasi, setiap responden memiliki gaya bicara yang berbeda-beda baik itu volume suara (keras, sedang, kecil), nada (tinggi, rendah), tempo(cepat, lambat),
  4. Kebiasaan, setiap orang memiliki persamaan dan perbedaan masing-masing termasuk dalam hal kebiasaan
  5. Cara berpakaian, sama dengan kebiasaan, cara berpakaian setiap orang pun berbeda-beda mereka mempunyai ciri khas masing-masing.

 

KESIMPULAN:

Kebudayaan bersifat fleksibel, dapat berubah mengikuti perkembangan zaman. Migrasi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kebudayaan, ini menyebabkan terjadinya sharing kebudayaan dari setiap daerah meliputi: makanan, bahasa, cara berkomunikasi, kebiasaan, dan cara berpakaian. kebudayaan melekat pada diri seseorang dan tidak berubah meskipun dia bermigrasi. Setiap orang yang bermigrasi saling menyebarkan kebudayaannya masing-masing,  dan menurut saya perkembangan kebudayaan memang berubah seiring berjalannya waktu. tetapi sebaiknya kita tidak melupakan kebudayaan asli masing-masing.

sumber : https://www.scribd.com/doc/52088573/Hubungan-Dan-Pengaruh-Migrasi-Terhadap-Kebudayaan

https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/migrasi

https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s