Fungsi Keluarga dan Peranan Pemuda

NAMA    : ABID KAMALUDDIN

DOSEN   : AHMAD NASHER S.I.KOM, MM.

UNIVERSITAS GUNADARMA

KELUARGA

  • DEFINISI
  1. Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
  2. Keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga

 

imagesJadi definisi keluarga adalah suatu unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang tinggal dalam suatu atap yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga.

 

  • FUNGSI KELUARGA

Fungsi Biologis

  1. Untuk meneruskan keturunan
  2. Memelihara dan membesarkan anak
  3. Memberikan makanan bagi keluarga dan memenuhi kebutuhan gizi
  4. Merawat dan melindungi kesehatan para anggotanya
  5. Memberi kesempatan untuk berekreasi

Fungsi Psikologis 

  1. Identitas keluarga serta rasa aman dan kasih sayang
  2. Pendewasaan kepribadian bagi para anggotanya
  3. Perlindungan secara psikologis
  4. Mengadakan hubungan keluarga dengan keluarga lain atau masyarakat

Fungsi Sosial Budaya atau Sosiologi

  1. Meneruskan nilai-nilai budaya
  2. Sosialisasi
  3. Pembentukan noema-norma, tingkah laku pada tiap tahap perkembangan anak serta kehidupan keluarga

Fungsi Sosial

  1. Mencari sumber-sumber untuk memenuhi fungsi lainnya
  2. Pembagian sumber-sumber tersebut untuk pengeluaran atau tabungan
  3. Pengaturan ekonomi atau keuangan

Fungsi Pendidikan

  1. Penanaman keterampilan, tingkah laku dan pengetahuan dalam hubungan dengan fungsi-fungsi lain.
  2. Persiapan untuk kehidupan dewasa.
  3. Memenuhi peranan sehingga anggota keluarga yang dewasa

 

PERANAN  PEMUDA DALAM KEMAJUAN BANGSA INDONESIA

Bung Karno pun pernah mendeklarasikan kata-kata demikian “Beri aku sepuluh pemuda,maka akan kuguncangkan dunia,jika ada sembilan pemuda lagi maka Indonesia pasti berubah.” Memang pemuda bangsa pada 28 Oktober 1928 silam telah memperjuangkan Indonesia hingga titik kemerdekaan. Namun,perlulah kita ketahui bahwa kata “KEMERDEKAAN” bukanlah hanya suatu ungkapan kebebasan dari penjajahan. Kemerdekaan juga merupakan suatu kesejahteraan bagi seluruh masyarakat bangsa ini. Sebagai generasi muda,maka kitalah yang seharusnya memajukan Indonesia ke jenjang kesejahteraan yang lebih baik dari sebelumya.

images (1)

PERANAN PEMUDA SEBELUM ZAMAN KEMERDEKAAN

 

Di era Reformasi, para pemuda khususnya mahasiswa selalu berperan dalam perubahan negeri ini. Berbagai peristiwa besar identik dengan peran pemuda dan mahasiwa didalamnya.

Dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, gerakan pemuda dan mahasiswa sering menjadi tombak perjuangan nasional. Beberapa Gerakan pemuda dan Mahasiswa yang dicatat di dalam sejarah adalah sebagai berikut :

  1. Budi Utomo

  2.  Sumpah Pemudaimages (2)

  3.  Perhimpunan Indonesia

  4.  Peristiwa Rengasdengklok

Sejarah panjang gerakan pemuda dan mahasiswa merupakan salah satu bukti eksistensi dan tanggung jawab sebagai rakyat Indonesia dalam memberikan perubahan dan memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia.

 

 PERANAN PEMUDA DALAM KEMAJUAN BANGSA (SETELAH ZAMAN KEMERDEKAAN).

Melihat dari uraian sejarah perjuangan para pemuda pada masa penjajahan, seharusnya kaum muda pada masa kini menjadi penerus dari pada perjuangan kaum muda dahulu. Jika kaum muda dahulu begitu gigih dalam perjuangannya untuk merdeka dan bebas dari belenggu penjajah, pemuda di masa sekarang juga harus gigih untuk mengaktualisasikan kemerdekaan menjadi pilar kemajuan bangsa.

Bagi bangsa Indonesia, faktor pemuda merupakan wujud kekuatan potensial yang selalu menunjukkan kehadirannya dalam seriap peristiwa sejarah perjuangan bangsa. Kualitas pemuda ialah investasi utama bagi bangsa untuk memenuhi tuntutan politik dalam lingkungan globalisasi yang kian tak terelakkan.

Sejarah telah mencatat bahwa kaum muda juga berperan dan berpartisipasi aktif dalam setiap gerakan politik untuk mencapai cita-cita kemerdekaan bangsa dan negara. Sebagai contoh, Soekarno aktif dalam gerakan politik ketika ia baru berusia 16 tahun dan masih duduk di bangku HBS. Begitu juga dengan Moh. Hatta yang juga aktif sejak masih belia (muda). Bahkan Syahrir ketika aktif di Bandung memimpin “Golongan Merdeka”, baru berusia 23 tahun, dan menjabat sebagai Perdana Menteri Republik Indonesia yang pertama ketika masih berusia 35 tahun.

Pemuda sekarang harus lebih maju dan lebih gigih dalam memperjuangkan kemajuan bangsa. Sosok pemuda ideal bagi bangsa Indonesia adalah sosok pemuda yang berjiwa nasionalis, yang mempunyai cita-cita tinggi untuk kemajuan bangsa. Pemuda tersebut adalah sosok yang progressif-revolusioner.

download

KESIMPULAN:

Anak-anak adalah bibit-bibit atau generasi yang akan melanjutkan kehidupan bangsa. Pendidikan pertama kali didapat anak adalah dari keluarga mulai dari pendidikan tingkah laku, moral, akademik, dan lain sebagainya. Maka dari itu peran keluarga sangatlah penting dalam  memberikan pendidikan untuk anak. Dan untuk menjadi pemuda yang berperan dan berpartisipasi aktif dalam membela negara indonesia diperlukan pendidikan yang mendukung dari keluarganya. Agar nantinya para pemuda indonesia mempunyai jiwa nasionalisme, patriotisme, dan idealisme dikalangan masyarakat. Dan karena pemuda menjadi faktor wujud kekuatan potensial untuk membangun bangsa.

 

Sumber:

http://www.kajianpustaka.com/2012/11/definisi-fungsi-dan-bentuk-keluarga.html

https://belanegarari.com/2016/06/16/peranan-pemuda-dalam-kemajuan-bangsa-indonesia/

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s