STRATIFIKASI SOSIAL

NAMA             : ABID KAMALUDDIN

DOSEN            : AHMAD NASHER S.I.KOM, MM.

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

PENGERTIAN

  • Perbedaan atau pengelompokan masyarakat kedalam lapisan-lapisan sosial secara bertingkat.

Stratifikasi sosial atau juga disebut dengan pelapisan sosial sudah dikenal saat manusia menjalankan sebuah kehidupan. Terbentuknya stratifikasi sosial yakni dari hasil kebiasaan manusia seperti berkomunikasi, berhubungan atau juga bersosialisasi dengan satu sama lainnya secara teratur atau juga tersusun, baik itu secara individual atau juga kelompok. Tetapi apapun wujudnya di dalam kehidupan bersama sangat memerlukan penataan dan juga organisasi, di dalam rangka penataan kepada kehidupan yang pada akhirnya akan terbentuk dengan sedikit-demi sedikit stratifikasi sosial.

 

Jenis-Jenis Stratifikasi Sosial

Selain dari penjelasan mengenai pengertian stratifikasi sosial ada pula jenis-jenis dari stratifikasi sosial yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Stratifikasi sosial tertutup atau pelapisan sosial tertutup

Stratifikasi tertutup ialah sebuah stratifikasi yang mana pada setiap anggota masyarakat tidak dapat pindah ke tingkat sosial yang lebih tinggi atau juga ke tingkat sosial yang lebih rendah.

  1. Stratifikasi sosial terbuka atau pelapisan sosial terbuka

Stratifikasi sosial terbuka ialah sebuah sistem stratifikasi yang mana pada setiap anggota masyarakat dapat berpindah-pindah dari satu tingkatan ke satu tingkatan yang lainnya.

Fungsi Stratifikasi Sosial

Sudah dijelaskan mengenai pengertian dan juga jenisnya, dan untuk penjelasan yang berikutnya ialah sebuah penjelasan mengenai fungsi dari stratifikasi sosial yang akan di jelaskan berikut ini.

  1. Sebagai sebuah alat agar pendistribusian hak dan juga kewajiban misalkan seperti, menentukan kedudukan, jabatan, penghasilan seseorang dan yang lainnya.
  2. Supaya mempersatukan dengan pola mengkoordinasikan kepada bagian-bagian yang terdapat pada sebuah struktur sosial yang gunanya agar mencapai tujuan yang sudah di tentukan sebelumnya.
  3. Sebagai penempatan individu atau juga seseorang pada strata (lapisan) tertentu di dalam struktur sosial.
  4. Sebagai penentu tingkatan mudah ataupun tidak bertukar status serta kedudukan di dalam struktur sosial.
  5. Supaya memecahkan berbagai macam permasalahan yang ada di dalam masyarakat.
  6. Serta untuk mendorong masyarakat agar bergerak sesuai fungsinya.

KESIMPULAN

Jadi stratifikasi sosial adalah pengelompokan masyarakat  kedalam lapisan-lapisan secara bertingkat.dan terbentuknya stratifikasi sosial yakni dari kebiasaan manusia seperti bersosialiasi secara teratur atau tersusun. Pengelompokan masyarakat bisa berdasarkan kekayaan, kekuasaan dan wewenang, kehormatan, ilmu pengetahuan dll. Stratifikasi sosial bisa berfungsi sebagai pemecah berbagai macam permasalahan yang ada didalam masyarakat. Dan juga sebagai alat untuk pendistribusian hak dan kewajiban. Tapi apakah jika pengelompokannya berdasarkan kekuasaan juga berarti berdasarkan kekayaan juga ya? Karena biasanya orang kaya itu berkuasa, apa benar begitu?

Sumber :

http://www.ilmudasar.com/2017/05/Pengertian-Ciri-Sifat-Pembentukan-Penyebab-dan-Bentuk-Stratifikasi-Sosial-adalah.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Stratifikasi_sosial

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s