PANDANGAN KITA TERHADAP AGAMA

NAMA :ABID KAMALUDDIN

NPM : 10117035

DOSEN : AHMAD NASHER S.I.KOM, MM

PANDANGAN TERHADAP AGAMA

 

PENGERTIAN AGAMA

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian atau definisi agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Kata “Agama” sendiri berasal dari bahasa sanskerta yang memiliki arti “tradisi”.

Didunia jumlah agama ada banyak sekali, sedangkan di indonesia terdapat 6 agama yang diakui secara resmi yaitu Katolik, Kristen Protestan, Islam, Hindu, Buddha, Konghucu

Di Indonesia ini, mayoritas penduduknya memeluk agama Islam dengan total pemeluknya mencapai 87,18% dari seluruh total populasi penduduk Indonesia. Kemudian kristen protestan sebanyak 6,96%, katolik sebanyak 2,9%; hindu sebanyak 1,69%; buddha sebanyak 0,72%; dan Khonghucu sebanyak 0,05%;. Data tersebut diperoleh berdasar hasil sensus tahun 2010. Bisa saja saat ini jumlahnya telah mengalami sedikit perubahan.

FUNGSI AGAMA

  • Ajaran agama secara yuridis (hukum) berfungsi sebagai Pendidikan yang menyuruh atau mengajak dan melarang yang harus dipatuhi agar pribadi penganutnya menjadi baik dan benar, dan terbiasa dengan yang baik dan yang benar menurut ajaran agama masing-masing.
  • Dimanapun manusia berada, dia selalu menginginkan dirinya selamat. Keselamatan yang diberikan oleh agama meliputi kehidupan dunia dan akhirat.
  • Ajaran agama membentuk sosial kontrol yang peka terhadap masalah-masalah sosial seperti, kemaksiatan, kemiskinan, keadilan, kesejahteraan dan kemanusiaan.
  • Fungsi Pembaharuan. Ajaran agama dapat mengubah kehidupan pribadi seseorang atau kelompok menjadi kehidupan baru. Dengan fungsi ini seharusnya agama terus-menerus menjadi agen perubahan basis-basis nilai dan moral bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  • Fungsi Kreatif. Fungsi ini menopang dan mendorong fungsi pembaharuan untuk mengajak umat beragama bekerja produktif dan inovatif bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang banyak.
  • Fungsi Sublimatif (bersifat perubahan emosi). Ajaran agama mensucikan segala usaha manusia, bukan saja yang bersifat agamawi, melainkan juga bersifat duniawi. Usaha manusia selama tidak bertentangan dengan norma-norma atau akidah agama, bila dilakukan atas niat yang tulus, karena untuk Alloh, itu adalah ibadah (kebaikan).

 

 

KESIMPULAN

Jadi agama adalah suatu keimanan atau keyakinan kepada tuhan yang maha kuasa, dan dianut oleh setiap orang. Agama memiliki peranan penting dalam kehidupan yang berfungsi sebagai pengatur kehidupan manusia. Tanpa agama mungkin kehidupan manusia tidak akan menjadi baik. Memang jika agama didunia itu jumlahnya banyak dan setiap agama itu berbeda-beda, tapi saya yakin jika setiap agama mempunyai ajaran yang menuntun manusia agar berbuat kebaikan. Dan bagaimana jika didunia tidak ada agama?.

 

Sumber :

Fungsi Agama

Definisi Agama

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s