ETNOSENTRISME

NAMA : ABID KAMALUDDIN

DOSEN : AHMAD NASHER S.I.KOM, MM.

UNIVERSITAS GUNADARMA

 

SOSIAL DAN ETNOSENTRISME

Etnosentris adalah kecenderungan untuk melihat dunia melalui filter budaya sendiri. Istilah ini sering dipandang negatif, yang didefinisikan sebagai ketidak mampuan untuk melihat orang lain dengan cara diluar latar belakang budaya anda sendiri. Sebuah definisi terkait etnosentrisme memiliki kecenderungan untuk menilai orang dari kelompok, masyarakat, atau gaya hidup yang lain sesuai dengan standar dalam kelompok atau budaya sendiri,

Disisi yang lain, jika dilihat dari fungsi sosial, etnosentrisme dapat menghubungkan seseorang dengan kelompok sehingga dapat menimbulkan solidaritas kelompok yang sangat kuat. Dengan memiliki rasa solidaritas, setiap individu akan bersedia memberikan pengorbanan secara maksimal. Sikap etnosentrisme diajarkan kepada kelompok bersama dengan nilai-nilai kebudayaan. Salah satu bukti adanya sikap etnosentrisme adalah hampir setiap individu merasa bahwa kebudayaannya yang paling baik dan lebih tinggi dibanding dengan kebudayaan

Dampak Negatif

  1. Mengurangi ke objektifan ilmu pengetahuan
  2. Menghambat pertukaran budaya
  3. Menghambat proses asimilasi kelompok yang berbeda
  4. Memacu timbulnya konflik sosial.

 

Dampak positif

 

  1. dapat  mempertinggi semangat patriotisme,
  2. menjaga keutuhan
  3. stabilitas kebudayaan,
  4. serta mempertinggi rasa cinta kepada bangsa sendiri.

Sikap etnosentrisme adalah sikap yang paling menggunakan pandangan dan cara hidup dari sudut pandangan nya sebagai tolak ukur untuk menilai kelompok lain.

 

KESIMPULAN :

 etnosentrime itu cara pandang seseorang terhadap dunia melalui sudut pandang dari budaya sendiri . dan dalam fungsi sosial etnosentrime memliki pengaruh yang tinggi, bisa mempererat rasa solidaritas antar anggota kelompok atau orang yang memiliki budaya yang sama, serta muncul rasa patriotisme yang tinggi dan cinta terhadap bangsa sendiri. Tapi disisi lain etnosentrisme juga bisa memicu timbulnya konflik sosial . timbulnya konflik sosial bisa terjadi karena adanya anggapan bahwa suatu kelompok masyarakat memiliki pandangan hidup yang berbeda dengan kelompok lainnya.

Dan menurut saya dilihat dari dampak positif dan negatifnya memiliki rasa cinta dan semangat patriotisme terdapat bangsa sendiri itu adalah hal yang wajar dan mungkin harus di miliki oleh setiap orang, tetapi kita juga tidak boleh membedakan bangsa kita dengan bangsa lain karena bisa menimbulkan konflik sosial.

 

S U M B E R

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s