VISUAL BASIC

Pengertian Visual Basic

Visual basic atau yang biasa di sebut VB, adalah sebuah bahasa pemrogramman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) yaitu visual untuk membuat program perangkat lunak/aplikasi berbasi operasi Microsoft Windows yang berbasis GUI (Grapical User Interface).

 

Visual basic ini merupakan turunan dari bahasa pemrogramman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer yang berbasis grafik dengan cepat. Dengan kata lain, visual basic merupakan pengembangan dari bahasa komputer BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code). Adalah Professor John Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz dari Perguruan Tinggi Dartmouth yang menciptakan bahasa BASIC ini pada pertengahan tahun 1960-an.

Salah satu kelebihan dari visual basic ini merupakan bahasa yang mendukung Pemrogramman Berorientasi Objek/Object Oriented Programming (OOP), namun tidak sepenuhnya, ada beberapa karakteristik objek yang tidak dapat dilakukan oleh visual Basic, contohnya seperti Inheritance yang tidak dapat dilakukan pada class module, Polymorphism secara terbatas bisa di lakukan dengan mendeklarasikan class module yang memiliki Interface tertentu.

Visual basic juga menjadi populer karena kemudahan desain form secara visual dan juga adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen active yang di buat oleh pihak lain. Beberapa kemampuan atau manfaat dari visual basic ini diantaranya adalah:

Untuk membuat program aplikasi yang berbasis windows

Untuk membuat active, aplikasi internet dan lain-lain.

Menguji program atau debungging dan menghasilkan program akhir yang berakhiran EXE yang bersifat executable atau dapat langsung dijalankan.

Komponen-komponen Visual basic

  1. Control menu

Control menu yaitu menu yang digunakan untuk memanipulasi jendela Microsoft visual basic. Dari menu ini kita bisa mengubah ukuran, memindahkan, atau menutup jendela visual basic.

  1. Menu bar

Yaitu menu Microsoft visual basic yang terdiri dari semua perintah visual basic yang dapat dipilih untuk melakukan tugas tertentu.

  1. Toolbar

Toolbar yaitu tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari visual basic yang berfungsi untuk mempercepat akses perintah.

  1. Form window

Form window adalah daerah kerja utama, dimana kita dapat membuat program-program aplikasi visual basic.

  1. Toolbox

Yaitu sebuah kotak piranti yang mengandung semua objek atau control yang dibutuhkan untuk membuat sebuah program.

  1. Jendela properties

Jendela properties yaitu jendela yang mengandung semua informasi mengenai objek yang terdapat pada aplikasi visual basic.

  1. Form layout window

Yaitu jendela yang menggambarkan posisi dari form yang ditampilkan pada layar monitor.

  1. Jendela code

adalah salah satu jendela yang sangat penting di dalam Microsoft visual basic. Karena jendela ini berisi kode-kode program yang merupakan intruksi-intruksi untuk aplikasi visual basic yang akan dibuat.

sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s