PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI

Sejarah Sistem Informasi

Sistem informasi sudah dikenal sejak lebih dari 5000 tahun yang lalu, manusia saling menukarkan informasi dengan menuliskan pada batu atau kayu. Kemudian diabad pertengahan, dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informassi. Salah satu penemuan terpenting pada masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memprodukksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Kemudian komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan padatahun 1600an oleh Blaise pascal, komputer ini disebut pascaline dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia.

Kemudian pada masa-masa berikutnya penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah pascaline terus ditemukan, dan pada awal 1948 diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data.

Perkembangan komputer.

Pada tahun 1945-1955 disebut sebagai Generasi Pertama, pada generasi ini belum ada sistem operasi, sistem komputer harus dikerjakan secara langsung. Kemudian sepuluh tahun berikutnya yaitu pada tahun 1955-1965 batch processing system dikumpulkan dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan, sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi tetapi beberapa fungsi dasar sistem informasi telah ada.

Pada tahun 1965-1980 komputer Generasi ketiga, komputer dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sehingga menuntut sistem komputer yang dapat digunakan secara multiuser, multiprogramming, time sharingvarian dari multiprogramming, dan spooling (membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus, dapat diakses secara simultan.

Pada generasi keemat 1980-1995, perkembangan kemampuan komputer semakin meningkat pada komputer Desktop (PC) dan teknologi jaringan (TCP/IP), banyak perusahaan raksasa mutinasional yang menyelesaika pembangunan informasi global tetapi masih terddapat beberapa hal lain yang masih harus diselesaikan dalam rangka menyempurnakan sistem pengolahan sisstem informasi.

Perangkat komputer

A. SoftWare

Merupakan data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer

  1. Sistem Operasi

Program dasar yang menghubungkan user atau pengguna dengan hardware komputer, OS yang biasa digunakan adalah linux, windows, Mac Os dll, (ada pada postingan saya sebelumnya), Tugas OS termasuk mengatur eksekusi perogam, koordianasi input,output,pemrosesan, memori, serta instalasi software.

  1. Sistem Aplikasi

Suatu subkelas perangkat komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer untuk langsung melakukan tugas yang diinginkan oleh User.

B. HardWare

Semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data dan yang beroperasi didalamnya serta dibedakan dengan software yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Seperti keyboard, mouse, printer, speaker, motherboard, harddisk, dan lain sebagainya.

 

 Pemanfaatan Sistem Informasi

Dewasa ini manusia sangat bergantung dengan keberadaan sistem informasi pada banyak aktivitas, termasuk dalam berbisnis. Seandainya saja jika sistem informasi ditiadakan maka dapat dipastikan dalam kurun waktu yang tidak lama aktivitas serta proses bisnis akan terbengkalai, terlebih pada perusahaan yang sangat bergantung pada sistem informasi, tidak lagi beroperasi bahkan mengalami kebangkrutan.

Sistem informasi sudah dipandang sebagai roda penggerak sebuah perusahaan, untuk alasan inilah sistem informasi perlu dikelola dan ditingkatkan kemampuannya.

Pada tahun 1970an seiring dengan semakin berkembangnya teknologi komputer dan kompleksitas bisnis, maka informasi dialokasikan sebagai  sumber daya yang memiliki kepentingan yang sepadan dengan sumber daya lainnya.

Ada lima sumber daya utama perusahaan yaitu:

  • Sumber daya material (gedung dan peralatan)
  • Sumber daya mesin
  • Sumber daya uang
  • Sumber daya manusia
  • Sumber daya informasi atau data.

Kesamaan dari kelimanya ialah komponen-komponen tersebut dapat dikelola dan diberdayakan.

PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS DAN LUNAK

A. Komponen perangkat keras komputer

  1. Input

Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai input atau untuk masukan bagi komputer untuk melaksanakan Tugas, misalnya seperti keyboard yang digunakan untuk mengetik, perangkat input lainnya yaitu mouse, Flashdisk, CD rom eksternal, Hardisk Eksternal, Scanner dll.

  1. Output

Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai keluaran dari alat input, misalnya monitor merupakan alat output yang berfungsi untuk menampilkan Tugas yang diperintah dari perangkat input, perangkat lainnya yaitu Printer, Speaker dll.

  1. Proses

Perangkat Keras komputer yang digunakan sebagai alat untuk pemrosesan Tugas atau Jalannya Komputer, misalnya seperti Motherboard yang digunakan untuk meletakan berbagai komponen seperti Harddisk, Prosessor, RAM, dll, Motherboard atau papan induk berf ungsi sebagai tempat lalulintas data. Perangkat lainnya yaitu Prosessor, RAM.

  1. Penyimpanan

Perangkat Keras komputer yang digunakan sebagai alat untuk menyimpan data secara digital, misalnya seperti Harddisk yang digunakan untuk menyimpan data dengan kapasitas besar. Perangkat lainnya yaitu RAM(peyimpanan sementara), CD ROM, FLASHDISK.

Perangkat Lunak

  1. Evolusi Software

Era pioner, bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer seperti menggunakan komputer ENIAC. Cara dalam mengakses komputer menggunakan punched card kartu yang dilubangi, pada era ini perangkat lunank merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang dikerjakan komputer berupa print out. Batch Processing Adalah suatu pengolahan data dengan menghimpun data terlebih dahulu dan dikelompokan datanya dalam kelompok-kelompok tersebut yang disebut dengan batch.

Era Stabil, komputer sudah banyak digunakan oleh kalangan industri dan perusahaan, kemampuan multitasking dan multiuser sudah dikenal juga basisdata, ini membawa pengaruh yang baik terhadap perkembangan perangkat Lunak.

Era Mikro, pada era ini perangkat lunak sudah berkembang untuk memenuhi kebutuhan individu, komputer mengalami perkembangan proses sebagai beritkut:

  1. Sistem mulai tersebar ke beberapa kalangan masyarakat
  2. Software mengalami kecerdasan yang mempermudah penggunaannya
  3. Harga Setiap Software mulai terjangkau oleh individu

Era Modern, Saat ini perangkat Lunak sudah terdapat dimana-mana, sebuah komputer genggam pun telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC, tak hanya itu bahkan telepon, TV, hingga mesin cuci, AC dan microwave telah ditanamkan software untuk mengatur operasi peralatan tersebut.

Pembuatan perangkat lunak bahkan bukan lagi pekerjaan segelintir orang, tapi sudah menjadi perkerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dan perancangannya. Perangkat lunak sudah mulai bisa mengenal suara dan gambar kecerdasan pada perangkat lunak pada era ini membuat proses perkembangannya semakin luas menjadi:

  1. Sistem Desktop.
  2. Teknologi Objek.
  3. Sistem Pakar.
  4. Pemrosesan Pararel.
  5. Jaringan komputer.

 

Klasifikasi Perangkat Lunak

  1. Freeware, atau perangkat lunak gratis adalah software yang memiliki cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu.
  2. Shareware, program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang telah ditetapkan, atau biasa disebut masa trial, dengan begitu memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menguji produk sebelum membeli,
  3. Malware, adalah sebuah perangkat lunak yang bekerja untuk merusak tata kerja dari sistem komputer. Bekerja dengan merusak kinerja dari perangkat lunak dari sistem komputer. Perangkat lunak perusak biasanya sangat mudah tersebar dari satu komputer ke komputer lainnya.

Perangkat lunak sistem

  1. Bahasa pemrograman, program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi atau perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan prosedur tertentu.
  2. OS (Operating System) program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja mendasar. Sistem Operasi ini berfungsi sebagai penghubung antara user dengan komputer

Adapun fungsi Utama Sistem Operasi yaitu:

  1. Menyimpan Program dan aksesnya.
  2. Membagi tugas didalam CPU
  3. Mengalokasikan tugas-tugas penting
  4. Merekam sumber-sumber data.
  5. Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data.
  6. Memeriksa kesalahan sistem

Perangkat lunak aplikasi

  1. Aplikasi office, perangkat lunak yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran tanpa melakukan coding/pengkodean terlebih dahulu, aplikasi office yang sering digunakan yaitu, Microsoft word, power point, excel.
  2. Aplikasi multimedia, perangkat lunak yang digunakan untuk keperluan multimedia seperti mengedit foto/video,dan membuat animasi. Misalnya seperti photoshop.
  3. Aplikasi internet, perangkat lunak yang digunakan untuk kegiatan yang  berhubungan dengan internet seperti browsing. Misalnya Google crome, Mozila Firefox, dan aplikasi browser lainnya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s