TREND SI DAN TI DALAM BISNIS

EKONOMI API(Aplikasi Penghubung Pemrograman)

Merupakan sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API juga memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi lain.

  • Keuntungan menggunakan API
  1. Portabilitas, programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah terinstal API tersebut. System call antar sistem operasi berbeda dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
  2. 2.Lebih mudah dimengerti, dari pada bahasa system call, API lebih terstruktur dan mudah dimengerti.
  3. didalam ekonomi API kita juga mengenal System Call Interface yang berfungsi sebagai penghubung antara API dan System call yang dimengerti oleh sistem operasi. System call ini akan menerjemahkan perintah dalam API dan kemudian memanggil system call yang diperlukan.

PEMASARAN DIMENSI

salah satu fungsi organisasi untuk menciptakan,mengkomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan serta mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pada pemilik sahamnya.

Dimensi Pemasaran Holistik

  1. Pemasaran Relasi
  2. Pemasaran terpadu
  3. Pemasaran internal
  4. Pemasaran yang bertanggung jawab social.

Dimensi Utama Konsep Pemasaran

a. Seluruh pemasaran dan kegiatan perusahaan harus berorientasi pada konsumen atau pasar. Pada dasarnya perusahaan memperhatikan konsumen harus :

  • Menentukan kebutuhan pokok dari pembelu yang akan dilayani dan dipenuhi.
  • Memilih kelompok pembeli yang menjadis assaran penjualan.
  • Menentukan produk dan progtam pemasarannya.
  • Mengadakan penelitian pada konsumen, untuk mengukur, menilai dan menafsirkankeinginan, sikap, serta tingkah laku mereka.

b. Volume penjualan yang menguntungkan.

Salah satu tujuan perusahaan ada;ah untuk memperoleh laba yang maksimal. Laba itu sendiri merupakan pencerminan dari usaha-usaha perusahaan yang berhail meberikan kepuasan kepada konsumen. Untuk memberikan kepuasan tersebut perusahaan dapat menyediakan atau menjual barang dan jasa yang paling baik dengan harga yang layak.

c. Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.

Setiap orang dan setiap bagian dalam suatu perusahaan turut berkecimpung dalam suatu usaha yang dikoordinir untuk memberikan kepuasan konsumen, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

ROBOT MANUSIA

Merupakan sebuah sistem mekanik yang mempunyai fungsi gerak analog untuk fungsi gerak organisme hidup, atau kombinasi dari banyak fungsi analog dengan fungsi intelligent, oleh official japanese.

Klasifikasi robot

Ada 4 bagian

  1. Non mobile Robot

Robot ini tidak dapat berpindah posisi dari suatu tempat ke tempat lain, sehingga robot tersebut hanya dapat menggerakkan beberapa bagian dari tubuhnya dengan fungsi tertentu yang dirancang.

  1. Robot Humanoid

Robot yang penampilan keseluruhannya dibentung berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat untuk manusia. Secara umum robot humanoid memiliki ttubuh dengan kepala, dua tangan dan dua kaki.

  1. Robot Animaioid

Robot yang bentuknya menyerupai hewan, salah satu contohnya adalah Aibo. Aibo merupakan robot animaloid yang berbentuk seperti anjing.

  1. Robot industri

Merupakan robot yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia dalam bidang industri. Robot industri digunakan diberagam industri untuk memposisiakan komponen yang dikerjakan dengansangat cepat dan akurat.

  1. Robot Riset

Merupakan robot yang digunakan untuk membanti manusia dalam melakukan sebuah riset yang sulit dilakukan oleh manusia, sehingga riset dpaat berjalan lebih mudah. Salah satunya adalah robot Mars Rover.

PROFESI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI MASADEPAN

Pada saat ini teknologi informasi telah berkembang pesat bahkan akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Dan untuk menunjang perkembangan ini maka setiap praktisi TI dituntut untuk bisa mengoptimalkan ilmu,skill,waktu,tenaga,sumber daya yang ada.

Jenis perkerjaan :

  1. Virtual Reality (VR)
    Developer Virtual Reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungannya yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer. Selain VR ada juga AR ( Augmented reality, dan sekarang mulai dikembangkan teknologi Mixed Reality yang merupakan gabungan dari VR dan AR yang menghasilkan tampilan Hologram.
  2. Artificial Intelligence (AI) Programmer.

AI merupakan cara untuk membuat mesin dapat berfikir cerdas, dalam cara yang sama dengan manusia yang cerdas berpikir. Sebuah sistem AI memiliki kemampuan untuk memperoleh informasi baru yang akan dikumpulkan agar sistem AI menjadi lebih cerdas.

  1. IoT Architect

Sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, microelectromechanical systems (MEMS), dan internet.

BISNIS

Merupakan suatu kegiatan yang dilakukan perorangan ataupun organisasi yang melibatkan aktivitas seperti pembelian, produksi,penjualan ataupun jasa untuk memperoleh keuntungan.

Tujuan Bisnis

Tujuan Utama bisnis adalah untuk memperoleh laba dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat atau pelanggan. Adapun  Tujuan bisnis adalah sebagai berikut.

  • Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis.
  • Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Untuk mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
  • Untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
  • Untuk menunjukan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
  • Untuk meningkatkann kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat umum.
  • Untuk menunjukan pestise dan prestasi.

 

TEKNOLOGI INFORMASI DAN BISNIS

Pada saat ini kegiatan bisnis semakin kompleks. Kompleksitas bisnis ini mengakibatkan kebutuhan bisnis semakin meningkat oleh sebab itu diperlukan sistem informasi yang dibutuhkan untuk membantu jalannya perusahaan.

pada tahun 1960-an komputer sudah digunakan dalam ranah industri dan sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System : CBIS). Saat itu dikenal dengan sistem pemrosesan transaksional (Transaction Processing Systems). Kemudian pada tahun 1970-an seiring dengan berkembangnya teknologi komputer dan meningkatnya kompleksitas bisnis informasi dialokasikan sebagai sumber daya dan memiliki kepentingan yang sepadan dengan sumber daya lainnya.

Teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, ini dikarenakan dalam menjalankan bisnis diperlukan banyak informasi yang dibutuhkan secara cepat dan efektif. Pada saat ini teknologi iformasi sudah banyak digunakan seperti SISDM,SIA,SPK,DSS,ERP,dll.

Sumber: Sulianta,Feri.2017.Teknik Perancangan Arsitekur Sistem Informasi.Yogyakarta:Penerbit ANDI.

Prosedur pendirian Bisnis

Dalam membangun sebuah badan usaha, kita harus memperhatiakn beberapa hal, yakni :

  • modal yang dimiliki
  • para pemegang saham
  • tujuan Usaha
  • jenis Usaha
  • Dokumen Perizinan

Salah satu yang paling penting dalam pembentukan sebuah badan usaha adalah perizinan usaha. Izin usaha merupakan suatu bentuk persetujuan atau pemberian izin dari pihak yang berwenang atas penyelenggaraan kegiatan usaha, Tujuannya untuk memberikan pembinaan, arahan, serta pengawasan sehingga usaha bisa tertib dan menciptakan pemerataan kesempatan beusaha/ kerja dan demi terwujudnya keindahan, pembayaran pajak, menciptakan keseimbangan perekonomian dan perdagangan.

Prosedur Pengadaan Barang dan Jasa

Jenis-jenis metode pemilihan penyedia barang dan jasa ada empat, yaitu : Metode Pelelangan Umum, Pelelangan terbatas, pemilihan Langsung, dan Penunjukan Langsung jika menggunakan metode penunjukan langsung, maka prosedur pemiilihan penyedia barang dan jasa seperti berikut : Penilaian kualifikasi

  • Permintaan penawaran dan negosiasi harga
  • Penetapan dan penunjukan langsung
  • Penunjukan penyedia Barang/jasa
  • Pengaduan
  • Penandatanganan kontrak

Kontrak kerja

Merupakan suatu perjanjian yang dibuat secara lisan dan/atau tetulis antara ekerja dan pemberi kerja,baik dalamwaktu tertentu maupun waktu tidak tertentu, dimana didalam kontrak tersebut berisi syarat-syarat kerja serta hak dan kewajiban setiap pihak.

Isi sebuah kontrak kerja

Sesuai dengan peraturan Undang-Undang pasal 54 No.13/2003, sekurang-kurangnya harus memuat :

  • Nama,Alamat Perusahaan dan jenis Usaha.
  • Nama,Jenis Kelamin, umur dan alamat pekerja.
  • Jabatan atau jenis pekerjaan
  • Tampat pekerjaan
  • Besarnya Upah dan cara pembayaran.
  • Syarat-syarat kerja yang memuat hak dan kewajiban pengusaha.
  • Awal mula dan jangka waktu berlakunya perjanjian kerja.
  • Tempat dan tanggal perjanjian kerja dibuat serta ditandatangani para pihak dalam perjanjian kerja.

Jenis Kontrak Kerja

Menurut bentuknya, kontrak kerja dapat dibagi menjadi dua, berbentuk tulisand an berbentuk lisan atau tidak tertulis.

Bentuk lisan memiliki kekurangan yang dapat merugikan pekerja karena terdapat kemungkinan pemberi kerja tidak menjalankan kewajiban karena tidak pernah diuangkan secara tertulis. Oleh karena itu ,suatu kontrak kerja akan lebih aman dan dapat dijadikan bukti apabila dibuat secara tertulis.

APLIKASI BISNIS

Aplikasi bisnis yaitu suatu aplikasi komputer atau perangkat lunak komputer untuk menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan. aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk bisnis lewat media internet.

Pada dasarnya teknologi informasi (aplikasi bisnis salah satunya) dapat dan memang sebaiknya dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk membuat usahanya semakin efisien, dan mendorong usaha tersebut memiliki daya saing yang lebik dibanding usaha lainnya. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan pelaku usaha diantaranya adalah :

  • Pemasaran bisa lebih luas dan murah (internet marketing)
  • Perubahan desain bisa disimulasikan/dicoba coba dulu tanpa takut rusak, kehabisan bahan, dll (Fotoshop, paint, dll)
  • Prmosi bisa lebih menarik
  • Pengelolaan keuangan lebih cepat dan mengurangi risiko penyelewengan (aplikasi akuntansi)
  • Berbagai Informasi pelanggan bisa disimpan
  • Pelayanan bisa lebih cepat, contoh dengan barcode, kasir tidak perlu lagi mengetik kode barang
  • Prediksi penjualan bisa dilakukan
  • Dan masih banyak lagi

Namun demikian, memang tidak semua usaha harus menggunakan bantuan teknologi informasi tersebut, paling tidak jika :

  • Skala usaha masih terlalu kecil (meskipun banyak juga usaha kecil menjadi cepat besar karena memanfaatkan teknologi ini)
  • Biaya yang diperlukan lebih besar dari keutungan yang bisa diperoleh
  • Tidak ada SDM/karyawan yang bisa mengurus atau menanganinya
  • Karakteristik produk yang tidak mungkin dipasarkan secara umum

PROSES DAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS TI

Perusahaan membutuhkan Strategi bagaimana aktivitas yang dilakukan didalam perusahaan dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Efesiensi perusahaan tergantung bagaimana perusahaan tersebut mengelola segala sumber daya perusahaan yang ada. Salah satau sumber daya perusahaan yang sangat penting adalah sumber daya informasi atau data, dengan adanya informasi segala aktivitas bisnis seperti produksi, penjualan, pembelian barang dan jasa dapat berjalan selaras. Dan untuk mendapatkan informasi yang cepat dan efesien perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi.

ATURAN E-BUSINESS DALAM BISNIS

  • Komunikasiadanya fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
  • Komersial adanya sistem yang melaksanakan transaksi online mulai dari promosi barang, pemesanan barang,  pembayaran dan pengiriman barang. Pelanggan cukup melihat dari website jenis barang, spesifikasi dan harga barang, untuk pemesanan dilihat dari stok barang yang ada,untuk pembayaran sistem shopping online harus terhubung dengan otorisasi pembayaran  (pihak bank).
  • Proses bisnis Setiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaatsemaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan secara tradisional.
  • LayananBagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.
  • Learning Untuk meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
  • Kolaborasiadanya kerjasama dengan pihak lain (stakeholder) pada setiap transaksi yang terjadi.
  • KomunitasDalam dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s